Sejumlah Nama Masuk Bursa Pengganti Menteri KKP Edhy Prabowo

JAKARTA-PS.Dipublik beredar sejumlah nama masuk dalam bursa calon pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

Nama-nama tersebut berasal dari kalangan akademisi, praktisi, politisi dan PNS karir, yang santer disebut-sebut bakal mengisi pos yang ditinggalkan Edhy Prabowo tersebut pasca OTT KPK.

Dari kalangan akademisi muncul nama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif  Satria,  Rektor Unpatti Ambon M.J.Saptenoo.Guru Besar Unhas Makassar, Jamaludin Jompa.

Sedangkan dari kalangan praktisi beredar kuat nama Sandiaga Uno.Dan dari unsur internal PNS karir mengapung nama Agus Suherman (mantan Dirjen PDSP KKP era Menteri Susi Pujiastuti dan Menteri Edhy Prabowo), Sudirman Saad (mantan Dirjen KKP di era Menteri Rokhmin Dahuri).

Sebelumnya diberitakan penetapan tersangka Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meramaikan bursa calon pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju.

Edhy Prabowo yang merupakan kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ditangkap KPK dalam kegiatan operasi tangkap tangan yang dilakukan pada Rabu (25/11/2020) dini hari.

Arif Satria memiliki latar belakang di bidang kelautan. Dia menyandang gelar Doktor dari Kagoshima University, Jepang dalam bidang marine social science.

Pada 2013, dirinya juga mendapat penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan sebagai akademisi yang telah mendukung pengembangan SDM Perikanan dan Penyuluhan Perikanan.

Publik pengguna media sosial ramai memperbincangkan nama Susi Pudjiatuti untuk kembali mengisi pos Menteri KKP. “Namun peluangnya tipis, karena Presiden Jokowi lebih menginginkan sosok yang bisa menjalin komunikasi yang baik dengan nelayan,” ujar Anwar Lasapa, pengamat lingkungan dan kelautan Indonesia. (rus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *